Resep Nasi Uduk Gurih dan Mudah pakai Rice Cooker

Resep nasi uduk gurih dan mudah pakai Rice Cooker. Ternyata banyak juga yang ingin membuat sendiri nasi uduk. Meskipun membuat sendiri di rumah, tentunya masakan nasi uduk yang dibuat inginnya nasi uduk yang gurih dan enak.

Sedikit pengetahuan tentang nasi uduk, menurut Wikipedia Indonesia, Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica.

resep-nasi-uduk-mudah-gurih

Nah bagi Anda yang ingin membuat nasi uduk dengan mudah alias gampang alias simpel, yaitu menggunakan rice cooker. Meskipun resep masakan nasi uduk ini memakai rice cooker, namun hasilnya semoga menjadi resep nasi uduk yang istimewa bagi keluarga. Disini kami ingin memberikan resep yang praktis dalam membuat nasi uduk gurih dan mudah pakai rice cooker. Jadi siapa saja memungkinkan untuk dapat membuat masakan nasi uduk ini termasuk anda yang sebagai anak kost.

Berikut adalah resep sederhana membuat nasi uduk gurih dengan menggunakan rice cooker beserta panduan cara memasaknya.

Bahan:

3 cangkir beras, cuci bersih
1 kotak (200 ml) santan kara
2 batang serai
3 lembar daun salam
1 sdt garam
air secukupnya

CARA MEMBUAT NASI UDUK GURIH PAKE RICE COOKER :

1.    Masukkan beras ke dalam wadah rice cooker,
2.    Kemudian tuangkan santan kara dan air, aduk sampai rata,
3.    Masukkan juga daun salam, serai, garam, aduk kembali hingga rata,
4.    Setelah itu, hidupkan rice cooker sekitar 20 menit atau ¾ matang,
5.    Aduklah sebentar serta perlahan sampai santan rata kemudian tutup kembali,
6.    Setelah matang, aduk lalu tutup sebentar hingga nasi tanak. Angkat dan sajikan.

nasi-uduk-dengan-rice-cooker

Sama perti nasi putih biasa, nasi uduk juga enak dihidangkan dengan beragam aneka lauk pauk misalnya  lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng dan pelengkapnya emping goreng, tahu goreng, tahu telur, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Bagaimana, mudah bukan bikin nasi uduk gurih dan enak sendiri di rumah. Semoga resep nasi uduk gurih dan mudah pakai Rice Cooker ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

0 Komentar untuk "Resep Nasi Uduk Gurih dan Mudah pakai Rice Cooker"

Back To Top