Resep dan Cara membuat Roti Tortilla Kebab Sendiri

Resep dan cara membuat roti tortilla kebab sendiri di rumah – Anda sudah tahu roti tortilla? Iya benar. Roti tortilla biasa kita temukan pada makanan khas diantaranya adalah kebab dan juga taco. Namun kali ini kita tidak membahas tentang kebab atau taco ya. Khusus roti tortilla atau kulit kebab/taco saja. Untuk resep kebabnya silakan baca artikel kami.
Baca : Cara membuat Kebab Turki

Pada kesempatan yang baik ini Blog Resep yang Praktis sebagai situs penyedia resep masakan praktis untuk pemula ingin berbagi resep roti dan cara membuat roti tortilla sendiri. Dari penjelasan kami ini, semoga nanti anda bisa mencoba membuatnya di rumah.

resep-membuat-roti-kebab-sendiri

Sekilas mengenai apa itu roti tortilla?
Kami kutip dari Wikipedia, menjelaskan bahwa “Di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etimologis), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.
Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung. Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya. Di Tiongkok dikenal laobing (烙餅), kue tebal berbentuk bundar seperti pizza, sementara di India ada roti yang terbuat dari gandum. Keduanya adalah contoh kue dari negara lain yang mirip dengan tortilla.”
Baca juga: Roti sebagai Menu Sarapan Anak

Apa saja bahan yang dibutuhkan dan cara untuk membuat roti tortilla?

Resep dan Cara Membuat Roti Kebab


Bahan untuk pembuatan roti kulit kebab antara:
  • 450 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 sdt baking powder
  • 4 – 6 sdm margarin
  • 1 sdt garam
  • 250 ml air hangat

Bagaimana cara membuat roti tortilla yang praktis dan mudah dibuat di rumah untuk pemula?

Langkah pembuatan roti tortilla sebagai berikut:
  1. Campurkan semua bahan kering (tepung, baking powder, garam)
  2. Masukkan margarin, aduk sampai rata
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai kalis (kalau terlalu lengket tambahkan tepung)
  4. Ambil adonan secuil, bentuk seperti bola. Kemudian tipiskan menggunakan rolling pin di atas papan yang sudah ditaburi tepung.
  5. Lakukan sampai adonan habis
  6. Simpan dalam kulkas lembaran adonan tortilla dengan cara dialasi dengan plastik untuk masing-masing adonan
cara-membuat-roti-tortilla-kebab-di-rumah


Cara penyajiannya:
  1. Panaskan wajan anti lengket
  2. Goreng adonan roti tortilla tadi sampai matang di kedua sisinya
  3. Tortilla siap disajikan dengan memberi aneka isian
membuat-roti-kebab-sendiri-dengan-mudah


Relatif mudah bukan? Semoga resep dan cara membuat roti tortilla kebab sendiri ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa di SHARE ya. Salam ..

0 Komentar untuk "Resep dan Cara membuat Roti Tortilla Kebab Sendiri"

Back To Top